Jumat, 31 Oktober 2014

SENI BUDAYA

BOB TUTUPOLI & ONCE MEKEL
SIMFONI YANG INDAH”
  1. LIRIK
Lirik lagu Simfoni yang Indah yang dibawakan oleh Bob Tutupoli hampir sama dengan Once Mekel namun perbedaannya terletak pada bagian pengulangannya.Pada lagu yang di bawakan Bob Tutupoli setelah Refrain kembali ke “Berkilauan bintang malam…..”.Sedangkan pada versi Once,setelah refrain kembali ke “Syair dan melodi……”


  1. MELODI
Melodi lagu pada lagu Simfoni yang indah yang dibawakan oleh Bob Tutupoli berbeda dengan yang dibawakan oleh Once Mekel.Perbedaanya pada penambahan variasi melodi.Pada Bob Tutupoli pada awal kalimat music menggunakan biola dan keyboard.Sedangkan pada versi Once memberikan nada-nada tambahan pada awal kalimat dan menambahkan melodi di tempat-tempat yang dianggap kosong.


  1. RITME
Ritme lagu tersebut pada versi Bob Tutupoli lebih lambat pada awal lagu dan pada bagian-bagian tertentu kemudian sedikit cepat pada bagian refrain sedangkan pada Once Mekel ritmenya lebih cepat.
  1. HARMONI
Harmonisasi pada Bob Tutupoli lebih memadukan antar alat music biola,keyboard,dan gitar klasik.sedangkan pada Once Mekel memadukan antara alat music biola dan piano,lebih kepada music orchestra,di tambah suara Once yang begitu khas menambah harmonisasi yang indah.
  1. INSTRUMEN PENGIRING
Instrumen pengiring pada lagu Bob Tutupoli yaitu biola,keyboard,dan gitar klasik.Sedangkan pada Once yaitu menggunakan instrument orchestra seperti biola,piano,drum,gitar listrik,dan lain-lain.


  1. GAYA MUSIK
Gaya music yang di gunakan oleh Bob Tutupoli adalah Pop Standar sedangkan pada Once Mekel menggunakan gaya music Pop creative.


  1. TEKNIK ARANSEMEN
Lagu Simfoni Yang Indah yang di bawakan Bob Tutupoli telah di bawakan kembali oleh Once Mekel hasil aransemen dari Erwin Gutawa dengan balutan orchestrasi “The City Of Prague Philharmonic Orchestra“.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar